Sabtu, 08 Agustus 2009

bengkoang juga bisa

manfaat bengkoang


Semua orang pasti kenal yang namanya Bengkoang, satu2 buah tanpa biji yang rasanya lumayan seger ini wuih jadi pengen ngrujak neh gw hahahahaha

Bengkoang berasal dari Amerika Tengah dan Mexico kalo kaga sala c. Bengkoang adalah umbi yang membesar. Di negara-negara Amerika tengah Bengkoang bukan digolongkan sebagai buah, tapi sebagai sayuran....... yang gila aja neh saben ari makan na sayur bengkoang ckakakakaka
.
Di Amrik sendiri buah ini sudah mulai umum diperdagangkan di super market 2x. Di sana umumnya dijadikan salah satu bahan campuran dalam membuat masakan, dikonsumsi langsung dalam keadaan segar atau dipotong dadu kemudian dicampur cuka dan garam. Kalau di sini mungkin semacam dibuat asinan. Kandungan air buah bengkoang mencapai 86 – 90 %. Oleh sebab itu bengkoang juga merupakan buah penghilangaus palagi bila dimakan dalam keadaan dingin.

Di Indonesia bengkoang adalah salah satu bahan dalam membuat rujak n asinan. tapi setau gw c Bengkoang juga bisa dijadikan campuran untuk isi Lumpia. Bagi yg sering ke Semarang pasti tau apa itu Lumpia. Originalnya lumpia berisi daging ayam, rebung, dll.


Bengkoang banyak mengadung karbohidrat dalam bentuk serat. Dan sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan. Penyimpanan dalam ruangan pendingin tidak cocok untuk buah yang satu ini. Penyimpanan dengan suhu yang tepat bisa membuat bengkoang bertahan antara 1 s/d 2 bulan.

Daripada ngomongin rujak yuk dah kita mulai pelajaran hari ini hehehehe membahas tentang manfaat atau kegunaan c bengkoang :). Karena memang banyak manfaatnya. Selain sebagai buah, kita juga mengenal bengkoang karena manfaatnya sebagai salah satu ramuan untuk mempercantik cewe kaya gw ini hehehehe

kata eyang aq dolo banyak masker bengkoang yang katanya bisa memutihkan wajah. mengatakan iya memang bisa, tetapi banyak juga yang bilang itu cuma hanya kepercayaan turun menurun sehingga bengkoang identik dengan kulit putih. Tapi rasanya nggak akan ada pengaruhnya kalau gw yg pakai item mah item ajah hehehehe kiding euy.

neh menurut buku pinter c emak adalah beberapa manfaat dari bengkoang:

BIANG KERINGKAT (kringet buntet)
Ambil ubi jalar dan bengkoang, diparut secukupnya. Tambahkan air pada hasil parutan dan aduk merata. Saring adonan parutan tersebut. Biarkan air perasan selama beberapa menit agar. Ambil ampasnya yg berupa tepung. Oleskan tepung tsb ke bagian kulit yang ada biang keringatnya malam hari sebelum tidur. Setelah beberapa hari akan kelihatan hasilnya.

BISUL (wat yang hoby mam telor)
Makanbengkoang segar tiap hari. InsyaAlLoh bisul akan mngering dan sembuh ckakakaka.

MENGHILANGKAN FLEK HITAM/JERAWAT.
Parut bengkoang dan gunakan sebagai masker wajah malam hari sebelum tidur. Jangan gunakan siang hari, serem. . .dilihatnya.

MASKER WAJAH
Gunaya wat mbikin wajah lebih seger dan bebas jerawat. Rumput laut, bengkoang dihancurkan dan gunakan sebagai masker wajah. Sedangkan untuk membuat kulit tubuh lebih sehat dan segar gunakan bahannya adalah kunyit dan bengkoang.

PENGHILANGKAN FLEK HITAM PADA KANTUNG MATA
Telur, 2 sendok makan madu dan bengkoang diblender dan dioleskan di bawah mata (di bawah kantung mata) lakukan 2 kali sehari inget telotna di pecah dolo jangan di blender se cangkang2 na :p.

Bengkoang mengandung isoflavon, yang berfungsi mencegah kanker prostat bagi kaum cowo, sedangkan bagi kaum cewe bisa bikin kulit menjadi lebih kenyal. Isoflavon juga ditemukan pada kedelai.
Oleh sebab itu sangat disarankan bagi kaum cowo n cewe yang uda memasuki usia 40 tahun banyak2 mengkonsumsi bengkoang atau tempe (terbuat dr kedelai). Lebih baik lagi kalau rutin tiap hari.

dah dolo ah ngomongin bengkoang na gw mao rujakan dolo yah cawwwwwwww

Tidak ada komentar:

Posting Komentar